Sudah 3 Pekan Gubernur Andi Sudirman Tak Berkantor di Sulsel, ke Mana?

- News
  • Bagikan
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman

HERALDSELATAN, MAKASSAR – Setelah melantik 10 pejabat eselon II Pemprov Sulsel, pada Senin 2 Januari 2023 lalu, Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman tak pernah lagi terlihat menghadiri kegiatan di Sulsel, sampai hari ini, Selasa 24 Januari 2023.

Bahkan, Gubernur Andi Sudirman pun tak berkantor di Sulsel. Tentu dengan tidak adanya pucuk pimpinan Sulsel itu selama kurang lebih 3 pekan, menimbulkan pertanyaan publik. Ke Mana Gubernur?

Pengamat Pemerintahan, Andi Ali Armunanto menilai, secara substantif ketidakhadiran di wilayahnya pimpinan dalam hal ini Gubernur Sulsel bisa mempengaruhi moral bawahannya. 

“Bagaimana peningkatan moral dalam berkerja itu lebih terdorong dengan kehadiran pimpinan secara fisik, jadi ini lebih ke psikologi pemerintahan,” katanya kepada Herald Sulsel saat dihubungi, Selasa 24 Januari 2023.

“Bagaimana kehadiran sosok pemimpin itu bisa menginspirasi, bisa mendorong semangat untuk bekerja, dengan lebih baik,” sambung Ali Armunanto.

Master Political Studies UGM itu juga menyebut, koordinasi terkait kebijakan di pemerintahan juga bisa tak berjalan dengan baik, apalagi Gubernur Sulsel dituntut untuk bisa menuntaskan janji-janji politiknya.

“Hal ini tentu membutuhkan kinerja dan kebijakan yang lebih efisien, untuk mendorong percepatan akomodasi program yang telah di canangkan,” urai Ali Armunanto.

Selain itu, ucap dia lagi, tanpa adanya kehadiran Gubernur Sulsel menjadi kendala. Kendalanya adalah proses komunikasi tentunya akan terhambat.

  • Bagikan