7 Ulama Paling Fenomenal dan Berpengaruh di Sulawesi Selatan, Termasuk Kahar Muzakkar?

- News
  • Bagikan
Ulama fenomenal dan berpengaruh di Sulawesi Selatan (Ilustrasi/Herald)

HERALDSELATAN.ID, MAKASSAR – Penyebaran hingga perkembangan ajaran agama Islam di Sulsel tidak terlepas dari pengaruh sosok penting yang disebut sebagai Ulama. Mereka berdakwah dan berjuang untuk kepentingan ummat Islam di era Kemerdekaan RI.

Beberapa di antara mereka bahkan harus mengangkat senjata demi menegakkan syariat Islam di tanah Sulawesi. Namun ada juga sosok kontroversial.

Herald Sulsel merangkum tujuh ulama yang paling berpengaruh di Sulsel, Rabu, 29 Maret 2023.

1. KH Abd Rahman Ambo Dalle

KH Abd Rahman Ambo Dalle adalah adalah ulama Indonesia dari Sulsel. Beliau yang mendirikan organisasi keislaman Darud Da’wah wal Irsyad dan Pondok Pesantren Darud Da’wah wal Irsyad Mangkoso.

Ambo Dalle pindah dan mendirikan MAI di Mangkoso pada 29 Syawal 1356 H atau 21 Desember 1938. Mulai saat itulah, ia mendapat kehormatan penuh dari masyarakat dengan gelar Gurutta Ambo Dalle.

MAI Mangkoso ini kelak menjadi cikal bakal kelahiran organisasi pendidikan keagamaan bernama Darud Da’wah wal Irsyad (DDI).

Sementara itu, MAI Sengkang berubah nama menjadi Madrasah As’adiyah. Perubahan nama tersebut sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa Gurutta H As’ad.

  • Bagikan